Rabu, 10 Juli 2013

Peningkatan Suhu Bumi Akibat Aktivitas Manusia



Pada zaman sekarang tanpa kita sadari aktivitas manusia dapat menyebabkan peubahan cuaca secara global, sebagai contoh pada saat ini peubahan tersebut telah berdampak pada emisi gas rumah kaca atau global warming. Glohal warming adalah peningkatansuhu bumi akibat emisi gas rumah kaca.
             Salah satu aktivitas manusia yang menyebabkan peningkatan suhu bumi adalah pemakaian bahan bakar minyak atau fosil secara berlebihan, bahan bakar minyak yang sering kita gunakan pada kendaraan bermotor akan meningkatkan suhu bumi, ini diakibatkan karena kendaraan bermotor menghasilkan gas CO2, gas CO2 tersebut akan mengakibatkan lapisan ozon pada atsmotfer menipis sehingga suhu pada permukaan bumi akan menigkat, akibat dari meningkatnya suhu dipermukaan bumi ini yaitu terjadi perubahan cuaca secara global. Sekarang  semua aktifitas  manusia yang disadari atau tidak,disengaja ataupun tidak disengaja,namun ekses yang ditimbulkannya sangat significant .Bumi  telah terusik keseimbangan dan kadar susunan udara di atmosfere , baik karena   asap kiriman dari kendaraan bermotor atau cerobong-cerobong industri di bumi.
            Aktivitas manusia lainnya yang menyebabkan peningkatan suhu bumi adalah penebangan hutan yang berlebihan atau penebang liar, penebangan hutan secara berlebihan dapat mengakibatkan hutan menjadi gundul sehingga fungsi hutan sendiri tidak berjalan dengan baik, kita semua tahu fungsi hutan sangat banyak salah satunya yaitu menyerap gas CO2, tumbuhan yangada dihutan menyerap gas CO2  untuk melakukan fotosintesis, jika hutan yang kita kenal sebagai penyerap gas CO2 ini gundul maka terjadilah pencemaran udara serta menipisnya lapisan ozon akibat dari emisi gas CO2 tersebut, padahal fungsi hutan sendiri sangat berperan untuk mengurangi gas CO2 yang dihasilkan oleh manusia sendiri. Selain hutan yang gundul dapat menigkatkan suhu bumi hutan gundul juga dapat mengakibatkan tanah longsor dan banjir.
            Peningkatan suhu bumi juga mempengaruhi komposisi dan dinamika suhu udara yang sulit diprediksikan menyebabkan terjadi bermacam  angin kencang yang menggerakkan gelombang laut yang tinggi,sehingga  menakuti para nelayan tradisional untuk menggantungkan hidupnya di laut.Daalam konteks ini berbagai aspek sosial masyarakat turut mengalami dampaknya,yang bisa menimbulkan juga berbagai penyakit  karena terhisap toksin dari arah yang tidak terduga.Musim kemarau  diberbagai tempat,lahan-lahan  dibuka dan dibakar untuk llahan garapan para kapitalis lokal dan asing. Hal semua itu diakabatkan oleh aktivitas manusia yang tak terkendali dan akan merugikan menusia itu sendiri.
            Masih ada waktu untuk memperbaiki bumi kita yang tela rusak akibat dari aktivitas manusia yang tak terkendali. Memperbaiki bumi kita mulailah dari hal kecil seperti mengurangi pemakain kendaraan bermotor yang mengahasilkan gas CO2 dan  melakukan penanam kembali terhadap hutan yang gundul agar fungsi hutan sebagai penyerap gas CO2 dapat kembali stabil sehingga dapat mengurangi emisi gas CO2 sehingga bumi kita dan lingkungan yang kita tempati saat ini dapat lestari dan indah seperti dahulu sehingga anak cucu kita dapat merasakan indahnya lingkungan dan bumi kita tapa harus mengkhawatirkan peningkatan suhu globl atau global warming.
             



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar